Selamat Datang Di Blog UPK Kecamatan Cimahi Kabupaten Kuningan Propinsi Jawa barat

Rabu, 16 April 2014

KEGIATAN KELOMPOK SPP DESA CIKEUSAL KEC. CIMAHI




Nama Kelompok SPP ini adalah Lamban Jaya dengan jumlah anggota 7 orang nama ketua kelompok ibu Ini Dartini. Usaha yang dilakukan oleh kelompok ini adalah penambangan pasir secara tradisional yang dilakukan disungai Cisanggarung. Kegiatan usaha ini beralamat di Dusun Kliwon RT 004 / RW 002 Desa Cikeusal Kec. Cimahi Kab. Kuningan.

Di Kec. Cimahi Kab. Kuningan untuk Lembaga Keuangan seperti Bank dan Pegadaian belum ada, masih banyak sarana umum yang belum ada seperti belum ada Pasar, Kantor Pos, Polsek, Koramil, Apotik, SMA/SMK/MA dan lainnya.

Ibu Ini Dartini beserta anggota kelompoknya mengajukan dana pinjaman ke UPK sebesar Rp. 21.000.000,- untuk 7 anggotanya (Masing-masing menerima Rp. 3.000.000,-). Kelompok Lamban Jaya sudah 3 x menerima dana UEP dan pembayarannya lancar. Pinjaman ini digunakan untuk pembuatan dan pemeliharaan perahu rakit pengangkut pasir sungai termasuk pembelian drum.

Pasir ini kemudian dikumpulkan dan dijual langsung ke truk penampung pasir. Kendala usaha ini adalah ketika sungai banjir walaupun tidak setiap hari, tapi mengganggu aktifitas dalam penambangan pasir sungai cisanggarung.

Melalui sungai Cisanggarung inilah kegiatan penambangan pasir dilakukan sebelum bendungan atau jembatan pintu masuk di wilayah kerja Kecamatan Cimahi Kabupaten Kuningan.



























Tidak ada komentar:

Posting Komentar