Selamat Datang Di Blog UPK Kecamatan Cimahi Kabupaten Kuningan Propinsi Jawa barat

Sabtu, 15 November 2014

PENILAIAN LOMBA SIKOMPAK AWARD PNPM MANDIRI PERDESAAN TAHUN 2014 KEC. CIMAHI KAB. KUNINGAN




Kecamatan Cimahi merupakan wilayah sebelah Timur Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat dengan jumlah desa 10. Pada tahun 2014 UPK Kecamatan Cimahi berpartisipasi dalam lomba Sikompak Award PNPM Mandiri Perdesaan seperti tahun-tahun sebelumnya juga ikut berpartisipasi.

UPK Kecamatan Cimahi berdiri pada hari Selasa tanggal 13 Nopember 2001 pada rapat UDKP II setelah dimekarkan dari Kecamatan Luragung. Kemudian pada tahun 2007 UPK Kecamatan Cimahi mendapat PNPM Generasi Sehat & Cerdas. Sampai saat ini (2001-2014) UPK Kecamatan Cimahi mengelola dana Awal UEP dan SPP sebesar Rp. 1.304.400.000 dengan jumlah kelompok awal 54, pemanfaat laki-laki 116 orang dan pemanfaat perempuan 619 orang. Dari dana awal tersebut yang dikelola oleh UPK sudah menggulirkan dana untuk UEP per 31 Agustus 2014 sudah ada perputaran perguliran sebesar Rp. 2.723.128.537,- dan perputaran perguliran SPP sebesar Rp. 6.651.300.000,- dengan jumlah pemanfaat lebih dari seribu orang.

Dalam lomba Sikompak Award UPK Kec. Cimahi mengikuti beberapa tahapan seleksi penilaian. Yang pertama tingkat region I (Kec. Cibingbin, Kec. Karangkancana, Kec. Cimahi, Kec. Cibeureum, Kec. Luragung dan Kec. Ciwaru) bertempat di Aula Kantor UPK Kec. Luragung pada tanggal 16 Juni 2014 dengan kategori lomba : KPMD, Kepala Desa, BP UPK dan PL.

Untuk persiapan menghadapi lomba Sikompak Award tersebut terlebih dahulu dilakukan rapat pembekalan oleh FK/FT yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 14 Juni 2014 di Kantor UPK Kec. Cimahi yang diikuti oleh KPMD (Imas Permasih), Kepala Desa (Raskum), BP UPK (H. Ahmad Sopandi), PL (Ratnawati) dan UPK (Elih Nurlaelih) sehingga peserta lomba sudah siap dan ada gambaran tentang materi apa saja yang akan dikompetisikan.


Rapat Pembekalan Lomba Sikompak

Dari Lomba Sikompak Tingkat Region I, PL UPK Kec. Cimahi (Ratnawati) meraih nilai tertinggi dan mewakili Region I untuk mengikuti Lomba Sikompak Award kategori PL di tingkat Kabupaten Kuningan pada hari Rabu, 18 Juni 2014 bertempat di Aula Kantor BPMD Kabupaten Kuningan dan masuk dalam 6 besar PL terbaik se Kabupaten Kuningan. Sebagai kilas balik Kec. Cimahi pernah meraih Juara ke II (dua) Tingkat Kabupaten Kuningan dengan kategori BP UPK (Harju, S.Pd) dalam lomba Sikompak Award PNPM Mandiri Perdesaan Tahun 2012.

 

Penilaian Lomba Sikompak Tingkat Region I Kawedanan Luragung

Selanjutnya Kecamatan Cimahi pada tahun 2014 juga masuk penilaian untuk kategori Camat terbaik 3 besar dalam bidang pembinaan PNPM, BKAD terbaik 3 besar dalam berpartisipasi aktif di Kelembagaan PNPM dan UPK terbaik 3 besar dalam pengelolaan dana bergulir (UEP dan SPP) se Kabupaten Kuningan.


Dari Nominasi tersebut diatas ada lomba Sikompak award tingkat Kabupaten Kuningan untuk mencari juara I, II dan III sekaligus yang akan mewakili kabupaten Kuningan dalam lomba Sikompak Award Tingkat Propinsi Jawa Barat. Untuk persiapan Lomba tersebut di Kantor UPK Kecamatan Cimahi dilakukan pembekalan lagi oleh FK/FT pada hari Sabtu, 12 Juli 2014 yang dihadiri oleh UPK (Elih Nurlaelih) dan BKAD (Edi Heryadi).

Dan pada hari Senin, 14 Juli 2014 bertempat di Aula Kantor BPMD Kabupaten Kuningan. UPK (Elih Nurlaelih) dan BKAD (Edi Heryadi) Kecamatan Cimahi mengikuti Lomba Sikompak Award Tingkat Kabupaten. Dan Alhamdulillah UPK Kec. Cimahi meraih nilai tertinggi dan meraih Juara I dan BKAD Kec. Cimahi meraih Juara II dan Camat masuk Juara III terbaik dalam Lomba Sikompak Award PNPM Mandiri Perdesaan Tingkat Kabupaten Kuningan.
 





Setelah dinyatakan UPK Juara I oleh Tim Penilai Lomba Sikompak Award PNPM M.Pd Tingkat Kabupaten Kuningan, UPK Kec. Cimahi mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba Sikompak Award tingkat Provinsi Jawa Barat sekaligus sebagai tuan rumah dalam perhelatan lomba tersebut dan akan dikunjungi oleh Tim Penilai Lomba Sikompak Award Tingkat Propinsi Jawa Barat.

Dan pada hari Senin, 25 Agustus 2014 bertempat di Kantor UPK Kec. Cimahi dilakukan Penilaian lomba Sikompak Award PNPM M.Pd Tingkat Provinsi Jawa Barat yang dihadiri oleh pelaku-pelaku PNPM M.Pd & PNPM GSC baik tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi.
Penilaian tersebut diikuti oleh 4 Kategori yaitu sebagai berikut :  
1.    BKAD Kec. Cidahu
2.    UPK Kec. Cimahi
3.    PL Kec. Kadugede
4.    PPD Kec. Darma

Masing-masing peserta lomba melakukan Expose, Wawancara dan Pemeriksaan Dokumen Pendukung.
Lomba

Lomba Sikompak ini merupakan hajat BPMPD Provinsi Jawa barat secara rutin tiap tahun yang diikuti oleh 18 Kabupaten yang berpartisipasi dalam PNPM M.Pd dan sebagai persiapan dalam kunjungan Gubernur Saba Desa yang rencananya akan dilaksanakan pada hari rabu, 26 Nopember 2014 di Kabupaten Pangandaran.
 

 
 

 



Dokumentasi diatas merupakan gambaran dari proses penilaian lomba Sikompak Award PNPM Mandiri Perdesaan Tahun 2014 di Kec. Cimahi. Dengan keikutsertaan dalam lomba tersebut semoga bisa memotivasi pelaku-pelaku PNPM sehingga bisa maksimal dalam kinerjanya.



UPK Kecamatan Cimahi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi, membantu, membimbing, mengarahkan, membina dan memberi masukan untuk kemajuan UPK Kec. Cimahi. Salam Kompak.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar